Sabtu, 23 Februari 2013

Apakah ditundanya penerimaan STAN pada tahun 2011 dan 2012 ada hubungannya dengan kinerja lulusan STAN?

Seperti yang kita ketahui setiap tahunnya STAN selalu membuka pendaftaran mahasiswa STAN, namun yang terjadi pada tahun 2011 STAN hanya membuka pendaftaran untuk program D1 , hal ini tidak seperti biasanya dimana STAN membuka program D3 Akuntansi Pemerintahan, D3 Bea Cukai, D3 Perbendaharaan, D3 Administrasi Perpajakan, D3 PPLN, D3 PBB, dan D1 Bea Cukai.

Apalagi pada tahun 2012 yang lalu STAN sama sekali tidak membuka Pendaftaran,
kemudian timbul pertanyaan Publik (Adik-Adik SMA), ada apa dengan STAN?

Setelah saya browsing di internet alasan utama mengapa STAN tidak membuka pendaftaran untuk D3 pada tahun 2011 dan 2012 adalah karena masalah moratorium pegawai di Kementrian Keuangan, moratorium sendiri menurut kamus besar bahasa indonesia adalah penangguhan atau penundaan , jadi pada intinya untuk tahun 2011 dan 2012 Kementerian Keuangan melakukan Penundaan Penerimaan pegawai Negeri Sipil dikarenakan pada Kementerian tersebut sudah terlalu banyak jumlah pegawainya.

Jadi teramat wajar apabila STAN pada tahun 2011 dan 2012 tidak membuka pendaftaran untuk Program Diploma 3 Reguler, Hal ini juga membuktikan bahwa penundaan penerimaan mahasiswa STAN sama sekali tidak terkait dengan masalah kinerja lulusan STAN.
Karena lulusan STAN sudah teruji kemampuannya dibidang pengelolaan keuangan dan perekonomian Negara.

Apabila penundaan tersebut karena terkait dengan Kinerja lulusan STAN, maka dalam hal ini STAN memang turut bertanggung jawab, dan perlu melakukan langkah evaluasi dari proses perencanaan  sampai akhir, tapi bila saya amati dari proses perekrutan mahasiswa saja,saya rasa mahasiswa STAN adalah mahasiswa pilihan yang memang memiliki kualitas Intelektual yang tinggi karena proses perekrutan mahasiswa STAN sangatlah ketat.
Proses perekrutannya yang ketat sangat tidak memungkinkan terjadi kecurangan. Kalaupun terjadi kecurangan, hal ini akan langsung diketahui karena Ujian Saringan Masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (USM STAN) selalu diawasi dengan sangat baik oleh para pengawas independen, apabila terjadi pelanggaran maka akan dilaporkan ke pejabat berwenang (Polisi).
Sekian cerita saya, semoaga bermanfaat bagi para pembaca :)

2 komentar:

  1. Menjawab pertanyaan sendiri ya, Win :D makasih ya. Ini linknya udah ku-copy ya :) Thanks

    BalasHapus